Tuesday, September 28, 2010

Perkembangan Morfologi Kota Solo

Kota Solo merupakan salah satu kota tua di Indonesia yang menyimpan berbagai peninggalan kebudayaan dari bermacam etnik, baik pada jaman sejarah maupun prasejarah. Penemuan Pithecanthrophus Soloensis oleh W.F. Oppennorth dan C. Ter Haar (Kartodirdjo, 1975) di tepian Bengawan Solo dapat membuktikan bahwa manusia purba telah pernah hidup di wilayah Solo pada masa prasejarah. Sementara itu, peninggalan pada masa sejarah, seperti candi, keraton, pura maupun bangunan-bangunan kuno masih dapat dijumpai di berbagai sudut Kota Solo. Pada saat sekarang ini, ruang Kota Solo selain di bentuk oleh bangunan-bangunan modern seperti kota-kota lainnya di Indonesia, ruang kotanya juga dibentuk secara arsitektural karena Kota Solo masih mampu memperlihatkan bangunan-bangunan yang bercirikan era kerajaan (feodal) Jawa dan era kolonial Belanda, bahkan pada beberapa bagian kota masih terdapat bangunan-bangunan dengan arsitektur etnik Cina, Arab dan Indoland/Campuran. 

Kehadiran dua nama, yaitu ‘Surakarta’ dan ‘Solo’, menambah keunikan tersendiri bagi eksistensi kota tua ini. ‘Solo’ diambil dari nama tempat bermukimnya pimpinan kuli pelabuhan, yaitu Ki Soroh Bau (bahasa Jawa, yang berarti kepala tukang tenaga) yang berangsur-angsur terjadi pemudahan ucapan menjadi Ki Sala, yang berada disekitar Bandar Nusupan semasa Kadipaten dan Kerajaan Pajang (1500-1600). Sementara ‘Surakarta’ diambil dari nama dinasti Kerajaan Mataram Jawa yang berpindah dari Kraton Kartasura pada tahun 1745. Perpindahan kraton dilakukan oleh Raja Paku Buwono II karena Kraton Kartasura sudah hancur akibat peperangan dan pemberontakan yang terkenal dengan Geger Pecinan tahun 1742. Pemberian nama kraton baru dengan membalikkan suku kata dari nama kraton lama, yaitu dari ‘Karta-Sura’ menjadi ‘Sura-Karta’,sampai sekarang sudah menjadi cerita umum masyarakat Solo. Perubahan Kota Solo dari masa ke masa dapat dilihat berdasarkan beberapa peta lama yang diperoleh dari arsip-arsip di Belanda dan di Solo, dan bahkan juga ke anak-anak sungainya. Pada awalnya, di Solo sendiri terdapat empat Bandar yang ramai saat itu, yaitu Bandar Kabanaran di Laweyan, Bandar Pecinan di Kali Pepe, Bandar Arabdi Kali Jenes dan Bandar Nusupan di Semanggi. Setelah terjadi pendangkalan pada anak-anak sungai Bengawan Solo (Kali Jenes, Kali Kabanaran dan Kali Pepe), maka bandar-bandar yang ada padanya akhirnya tidak dapat berfungsi lagi, dan diganti, Sedangkan perkembangan dan perubahan bentuk kota (morfologi kota), berdasarkan arsip primer, sekunder dan fisik, dapat dijelaskan seperti uraian dan gambar-gambar berikut.

1945
1853

PERKEMBANGAN KOTA SOLO 1550-1745
Pada interval masa ini, secara fisik Kota Solo sedang berubah dari masa embrio ke masa berkembang. Kota Solo pada awalnya dibentuk oleh masyarakat kuli (bahasa Jawa: soroh bau hingga pimpinannya disebut ki-soloh atau ki-solo atau kisala )yang berada di Bandar Nusupan. Mereka tinggal di tepi Bengawan Solo, di dekat pelabuhan dimana mereka bekerja untuk majikannya yang ada di Kadipaten Pajang (1530-an), sehingga membentuk pemukiman tepian sungai (semacam water-front setlement). Kadipaten Pajang, yang kemudian menjadi Kerajaan Pajang (sejak 1568) adalah penerus Kerajaan Demak (1500-1546), kerajaan Islam pertama di Jawa. Namun pada tahun 1582, kerajaan ini berpindah ke Kota Gede dan menjadi Kerajaan Mataram. Kebutuhan pokok kehidupan pemerintahan pada masa Kerajaan Pajang banyak disuplai dari lalu lintas sungai dan bandar-bandar yang berada di sepanjang Bengawan Solo (ada 44 bandar dari Solo-Surabaya). Kapal-kapal besar dari pesisir Jawa dan selat Malaka saat itu mampu mengadakan perjalanan sampai ke pedalaman Jawa melalui Bengawan lalu lintas darat.

PERKEMBANGAN KOTA SOLO 1745-1821
Pada interval waktu ini terjadi peristiwa besar di Solo, yaitu masuknya kolonial Belanda dan juga Keraton Mataram dari Kartasura. Keraton Mataram yang semula di Kota Gede telah berpindah tiga kali, yaitu ke Kerta (1601), Plered (1613) dan Kartasura (1677), dan kemudian kembali ke Solo (Mataram adalah penerus Pajang, yang semula ada di daerah Solo, seperti uraian di atas). Perpindahan keratin harus dilakukan oleh PB II saat itu karena istana yang lama telah hancur oleh tiga kali peperangan, yaitu pada saat terjadi Geger Pacinan (1742), peperangan Cakraningrat (1742) dan peperangan Belanda/PB II melawan Cakraningrat (1742). Setelah dilakukan survey pemilihan lokasi untuk keraton, maka dipilih Desa Sala (usul Hohendorff) sebagai tempat berdirinya keraton (alternatif lain untuk lokasi keratin saat itu adalah Talawangi dan Sanasewu). Dengan dipilihnya Desa Sala sebagai lokasi keraton, maka tentu hal ini membawa pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan Kota Solo ke masa-masa berikutnya. Belanda dan Mataram berdasarkan kepentingan masing-masing, mempunyai power yang sangat besar untuk mengaplikasikan segala konsep tata-kotanya ke dalam bentuk nyata. Belanda dengan konsep kota koloni dan keraton dengan konsep kota kosmologi saling bertumpang tindih membentuk Kota Solo menjadi khas dan unik. Kondisi tersebut juga ditambah lagi dengan pola kota organik yang telah lama disusun oleh masyarakat pribumi. Jadi pada tahap berikutnya, kota tepian sungai yang pernah disusun oleh masyarakat pribumi akan berpadu dengan kota daratan yang berpola sakralprofan (oleh model keraton) dan pola kokoh fungsionalis (oleh model Belanda). Pada masa berikutnya, setelah keraton Mataram terpecah menjadi dua kerajaan (1755: Kasunanan dan Kasultanan), tiga kerajaan (1757: Kasunanan, Kasultanan dan Mangkunegaran) dan kemudian empat kerajaan (1812: Kasunanan, Kasultanan, Mangkunegaran dan Pakualaman), maka daerah Solo terpecah menjadi dua wilayah, yaitu wilayah Kasunanan dan Mangkunegaran. Sehingga perkembangan struktur kota pada masa berikutnya bertambah lagi menjadi kota yang mempunyai dua wilayah berkonsep kosmologi Jawa. Sementara itu, kampong-kampung Jawa juga tumbuh secara memusat mengikuti perkembangan kekuatan dua raja Solo tersebut. Kampung Cina dan Kampung Arab juga berkembang di bekas bandarnya masing-masing. Pada sisi yang lain, kampung Belanda/Eropa mulai tumbuh di dalam benteng Vastenburg dan kemudian menyusul di luaran benteng setelah semakin banyak pendatang barunya.

PERKEMBANGAN KOTA SOLO 1821-1857
Seiring dengan semakin banyaknya penghuni di pemukiman Eropa (Belanda, Inggris) dan Timur Asing (Cina, Arab, India), maka dibutuhkan pula fasilitias-fasilitas selain rumah tinggal, yaitu tempat ibadah, tempat sekolah, tempat jual-beli kebutuhan, tempat mengurusi kependudukan dan lain-lain. Oleh karena itu, Kota Solo pada interval ini sudah berkembang ke arah kota perkantoran (administrasi dan asuransi) dan perdagangan (toko, gudang, pasar). Kota Solo saat itu dipandang oleh masyarakat asing (Belanda, Cina, Arab, India) semakin kondusif sebagai wadah kegiatan masing-masing. Hal ini terlihat dengan adanya bangunan kantor, sekolahan, gereja, gudang yang mulai dibangun oleh Belanda, selain tentu saja pemukiman Eropa. Pada sisi yang lain, banyaknya toko-toko yang dibangun oleh masyarakat Cina dan Arab/India pada rentang waktu ini dapat menjelaskan adanya keamanan dan ketentraman masing-masing kelompok.

PERKEMBANGAN KOTA SOLO 1857-1900
Perubahan terbesar pada masa interval ini adalah telah diketemukannya teknologi transportasi darat dengan kereta api. Sistem baru ini tentu mampu mengubah paradigma berlalu lintas yang semula masih sebagian di sungai sebagaian di darat, kemudian dapat beralih total ke darat. Selain itu, kondisi sungai-sungai di Solo juga sudah terjadi pendangkalan, sehingga sulit dilalui kapal-kapal besar. Sistem tanam paksa yang pernah dimunculkan pada tahun 1830, berakibat gundulnya hutan-hutan di daerah hinterland, sehingga secara akumulatif tanah-tanah daratan yang longsor dan berguguran di sungai mejadi mengendap dan mendangkalkan sungai. Kota Solo yang secara geografis terletak di lembah dan tempuran sungai, tentu mudah sekali terjadi banjir. Maka pada interval ini, pihak Belanda, bersama-sama Kasunanan dan Mangkunegaran melakukan proyek besar penganggulangan bahaya banjir, baik berupa pembuatan kanaal, pembuatan sungai baru atau pembuatan tanggul. Pada bagian utara kota, Kali Pepe dipotong oleh sungai baru, yang kemudian disebut sebagai Kali Anyar, sehingga air bah tidak memasuki kota melainkan dialirkan melalui luar kota, dan mengikuti Kali Anyar yang bermuara di Bengawan Solo. Pada
bagian selatan kota, Kali Laweyan juga dipotong oleh sungai baru dan ditambahi dengan tanggul yang menuju Bengawan Solo, yang kemudian disebut sebagai Kali Tanggul, yang berfungsi menahan air bah dari Kali Laweyan. Sedangkan pada sisi timur kota, dibangun tanggul yang mendampingi Bengawan Solo, sehingga luapan air sungai ketika banjir tidak masuk kota. Proyek ini mengingatkan kita pada penyelesaian kasus-kasus kota di Belanda tentang masalah banjir.

PERKEMBANGAN KOTA SOLO 1900-1945
Perubahan terbesar pada interval ini adalah dibangunnya berbagai utilitas kota yang modern, yaitu jaringan listrik (tahun 1902 oleh Solosche Electriciteits Maatschappij atau S.E.M.), jaringan air bersih (tahun 1926 oleh N.V. Hoogdruk Waterleiding atau N.V.H.W.), jaringan KA dan trem (tahun 1905 oleh Staats Spoorwagen atau S.S. dan Nederlandsch Indische Spoorwagen atau N.I.S.) dan pembangunan jembatan antar kota yang melintasi Bengawan Solo, yaitu Jembatan Jurug yang menuju Karanganyar dan Jembatan Bacem yang menuju Sukoharjo (tahun 1915). Pada sisi yang lain, penduduk yang mulai ramai dan padat telah ditambahi fasilitas hiburan dan olah raga, yang umumnya baru pertama dibangun di Indosesia saat itu, yaitu gedung bioskop, gedung pertunjukan Jawa (wayang, kethoprak, kerawitan), gedung pertemuan, stadion sepak bola, lapangan berkuda, taman-taman kota dan stasiun radio.

PERKEMBANGAN KOTA SOLO 1945-2000
Perubahan terbesar pada masa interval ini adalah terjadinya pergolakan politik dan sosial, serta perubahan lingkungan alam yang berpengaruh buruk kepada ruang kota. Pada tahun 1948 terjadi peristiwa Clash II, yang terkenal dengan politik bumi hangus, sehingga banyak bangunan di Solo yang hancur oleh kemarahan Belanda. Pada tahun 1966 terjadi banjir besar di Solo sehingga separoh Kota Solo tenggelam oleh kedahsyatan Bengawan Solo. Pada tahun 1970-an, terjadi boom industri di sekitar Bengawan Solo, sehingga limbah industrinya, yang dibuang ke Bengawan Solo, mampu memusnahkan berbagai spesies mahluk hidup dan hanya menyisakan ikan sapu-sapu. Pada tahun 1980-an, setelah terjadi urbanisasi dan industrialisasi, maka Kota Solo mengalami urban sprawl (pemekaran kota), baik di sisi utara, timur, selatan dan barat. Pembangunan perumahan (real estate, perumnas, komplek hunian baru) mulai menjamur dipinggiran Kota Solo. Pada pusat kotanya, terutama daerah CBD, berkembang pemaksaan bentuk joglo (penjogloan), meskipun mempunyai tipe berlantai banyak. Pada sisi yang lain, Kota Solo yang semula hanya mempunyai fasilitas pendidikan sampai SMA, kini mulai ada dibangun fasilitas untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi. Pada akhir tahun 1980-an, pemerintah mencanangkan program Paket November 1988, yang berdampak pada menjamurnya bank-bank swasta di Kota Solo. Pada tahun 1990-an, setelah pemerintah mencanangkan program Paket Juli 1993 (eksploitasi wisata), maka banyak bangunan hotel bermunculan, melengkapi perkantoran dan perdagangan. Pada tahun 1998, terjadi peristiwa kerusuhan masal yang menyebabkan bangunan-bangunan hangus dan hancur, seperti terjadi pada saat Clash II tahun 1948.

Sumber : Qomarun dan Budi Prayitno. DIMENSI TEKNIK ARSITEKTUR Vol. 35, No. 1, Juli 2007: 80 – 87 dalam http://www.petra.ac.id/~puslit/journals/dir.php?DepartmentID=ARS

No comments: