Friday, February 22, 2013

Uang 20 Juta Pun Terkumpul

Dan uang 20 juta pun berhasil saya kumpulkan dalam waktu 1 tahun. Alhamdulilah Alhamdulillah Alhamdulillah.. keinginan saya umroh di usia muda dari hasil jerih payah sendiri pun tercapai. Hmm, bila di inget-inget awal tahun 2012, saya saat itu masih berujar dalam hati “Ya Allah ingin ke mekkah”. Dan Subhanallah, Allah Swt memudahkan segala urusannya. Sebelum menceritakan tentang perjalanan 9 hari ibadah saya, saya ingin ceritakan duhulu bagaimana dikumpulkannya uang itu dengan “The Power of Sedekah” yang saya praktekan.

Layaknya anak yang baru lulus, yang namanya idealisme itu bener-bener lagi diuji banget. Saat itu saya bingung untuk meneruskan S2 atau bekerja. Saya bisa saja saat itu langsung melanjutkan S2 di Undip dengan mengambil beasiswa yang ditawarkan oleh jurusan, namun saat itu pertimbangan saya sangat berat. Pertama, mama sudah meminta saya untuk kembali ke rumah. Kedua, saya sudah tidak nyaman di Semarang, dan yang ketiga saya gak mau lagi dikasih uang sama papa. Nah, katiga alasan inilah yanmembuat saya kembali ke rumah sebelum puasa tahun 2011. Saat itu pun saya belum langsung bekerja, alasan karena belum ada panggilan karena belum melamar kemana-mana dan masih ingin liburan apalagi waktu itu kangen banget puasa dirumah..hehe. Alhasil baru setelah lebaran saya mencoba melamar pekerjaan. Dan alhamdulilah keterima di konsultan perencana di bulan September 2011. Awalnya, saat itu masih berfikir nyoba aja dulu daripada nganggur hehe..ehh ternyata malah sampai sekarang. 

Nah, disaat mulai kerja tersebut rasanya pengen banget mengumpulkan uang beli apapun yang saya mau tanpa bantuan mama dan papa. Maklum lah saya itu termasuk anak yang manja, tidak pernah nabung, selalu minta uang dan menghabiskan dalam waktu singkat sesingkat singkatnya. Dulu kepikiran mau beliin gadget terbaru lah, kamera terbarulah, dll. Cuma entah kenapa minat saya hilang untuk membeli barang-barang tersebut yang malah digantikan dengan niat umroh dengan tabungan sendiri. Jelas banget ini adalah suatu usaha keras yang mungkin baru pertama kali bagi saya..hehe. Kepikiran dulu apa bisa yaa mengumpulkan uang dengan jumlah minimal 20 juta dalam jangka waktu 1 tahun. Rasanya tuh galau banget, karena pengen banget umroh pas bulan ramadhan 2012 (bulan Agustus)..hehe. Kalau di hitung-hitung mana cukup nanti uangnya kalau ditabungin semua. Pada saat galau tersebut akhirnya kepikiran untuk membuktikan kehebatan The Power of Sedekah tadi. Gapapa deh kalau gak bisa di bulan ramadhan, yang penting saya umroh pikir saya. Dan, saya rencanakan tuh dari gaji yang saya dapat tiap bulannya, Saya bagi-bagi deh pengeluarannya. Minimal 2,5% dari gajiharus saya berikan ke orang lain, kemudian ditabungin dan ngasih ke mama buat jajannya (walaupun mama gak pernah minta dan yang saya kasih pun gak besar-besar amat..hehe) tapi Alhamdulilah kami bisa shopping, facial, dan nonton bareng. Dan uang yang tersisa pun cukup untuk keperluan sehari-hari saya. And you know what? Ketika saya sudah mengalokasikan uang-uang tersebut, ternyata alhamdulilah banget saya gak pernah kekurangan sampai akhir bulan. Tidak sedikit pun uang saya kurang. Dan menurut mama siy, apa yang saya lakukan dan berikan itu berkah..Alhamdulilah Subhanaloh banget.
Setiap bulan selalu begitu sedekah dan nabungnya. Saya pun mencoba kalau pergi ke kantor naik kereta ekonomi. Alasannya bukan karena lebih murah, tapi lebih karena saya bisa berbagi disitu. Yap, berbagi pada pengamen, kaum difabel yang mencari uang dengan menyapu atau pun membeli barang dagangan yang kalau kata mama sebenernya saya tidak pernah butuh barang dengan barang yang saybeli tersebut. Hanya karena saya ingin liat penjualnya tersenyum dan mengucapkan alhamdulilah, yang membuat saya membeli barang tersebut. Dan lagi-lagi alhamdulilah dengan cara itu saya selalu merasa cukup tidak kekurangan.

Dan pada saat bulan Oktober 2012, alhamdulillah saya menghitung kalau tabungan saya belum cukup. Galau? Jelaslah..tapi lagi ah di sedekahin..apalagi pas mau idul adha, Dan alhamdulilah, 70% uang gaji saya pun dipakai untuk patungan buat kurban sapi. Sempet bingung nanti cukup gak yaa uang saya minimal buat ongkos ke kantor dan jajan. Tapi lagi-lagi Lillahita'ala saya pun tidak kekurangan sampai dapat gaji bulan berikutnya.

Bulan oktober pun, saya memutuskan survei travel umroh, buat nanya-nanya berapa siy ongkos di tahun 2013. Dan berdasarkan hasil survei minimal harganya 1850 USD atau skitar 19 jutaan dong. Pas saat itu, bilang ke travel kalau uang saya masih belum cukup kalau bulan februari berangkat umrohnyaPerhitungan saya saat itu, kira-kira bulan april-mei tabungan saya bisa cukup. Dan, saat itu, dapat nasihat dari Ummi (pengurus travelnya), jangan begitu selalu ada jalan kalau niatnya sudah siap. Tersentak dengernya. Akhirnya saya pun berdoa setiap habis Dhuha. Dan alhamdulilah, bulan November 2012 saya sudah bisa ngasih DP keberangkatan pertama di bulan Februari 2013.

Ga ngerti tuh gimana kejadiannya, hingga tabungan saya pun cukup, yang jelas alhamdulilah banget. Nah, dari pengalaman ini, kemudian saya selalu berdoa, untuk diberikan satu mata hati untuk selalu peka berbagi sesama makhluk Allah Swt. Sedekah adalah jalan dimudahkannya rezeki. Jangan takut kekurangan. Karena sesungguhnya kita akan selalu merasa kekurangan kalau kita tak pernah berbagi dan bersyukur.

Alhamdulilah

No comments: