Saturday, March 16, 2013

KKL in Singapore

Setelah sekian seringnya saya meng-edit blog ini, akhirnya saya memutuskan untuk membuat label tulisan tentang "Traveling". Yap, traveling telah menjadi bagian yang saya senangi untuk dilakukan. Saking senangnya saya berjalan-jalan maka saya pun telah membuat agenda perjalanan tahunan untuk dikunjungi yang tentunya harus didukung dengan memiliki tabungan jalan-jalan. ahaha.

Kali ini, saya menceritakan perjalanan keluar negeri saya yang pertama dilakukan. Perjalanan ke Singapura dalam rangka KKL (Kuliah Kerja Lapangan). Sebenarnya perjalanan ini sudah 3 tahun lalu dilakukan namun karena saya selalu lupa untuk menuliskannya di blog, alhasil selalu terbengkalai. hehe

Changi International Airport
Bandara ini adalah bandara terbesar yang pertama saya kunjungi. Kesan yang menempel saat datang ke bandara ini adalah Megah, Humanis dan Artistik. Kemegahan Changi Airport sebagai bandara internasional sangat terlihat oleh rancangan bangunan khususnya atap bangunan di yang dirangcang dengan konsep hemat energy. Kemudian, rasa humanis pun juga didapatkan saat berada di Changi terutama dengan dukungan fasilitas yang disediakan untuk dapat digunakan oleh semua lapisan masyarakat termasuk kaum difabel. Dan, kesan artistic pun dirasakan karena banyak sekali benda-benda yang dirancang dengan nilai seni yang tinggi. 

International Changi Airport
Selanjutnya, sebuah signage yang terdapat di Bandara Changi pun sangat informatif. Signage ini misalnya menerangkan di lokasi mana jika kita ingin menggunakan skytrain, bus dan dimana lokasi kedatangan. Tidak hanya papan pengumuman sebagai signage, di Bandara Changi pun terdapat banyak brosur-brosur tentang tempat-tempat yang bisa dikunjungi selama di Singapura seperti tempat belanja, kesehatan dan wisata lainnya. 

Papan Informasi di Bandara Changi
Gambar dibawah merupakan bentuk fasilitas publik yang disediakan di Bandara Changi sebuah museum kecil yang dikemas dalam bentuk permainan puzzle sehingga pengunjung dapat menikmati sambil mendapatkan informasi yang diberikan. 

Sebuah permainan dalam bentuk puzzle yang menjelaskan tentang budaya Asia.
Sentosa Island
Merupakan pulau kecil yang terdapat di Singapura. Dikemas dalam bentuk pariwisata sehingga menjadikan Sentosa Island sebagai tempat yang wajib dikungjungi bagi wisatawan. Di Sentosa Island cukup banyak bentuk wisata yang ditawarkan seperti misalnya pertunjukan Songs of The Sea (pertunjukan yang sedang digemari saat itu). Pemanfaatan teknologi yang super canggih dalam pertunjukan mampu menarik perhatian wisatawan. 



Images of Singapore at Sentosa Island
Pertunjukan Song of The Sea yang sempat kami saksikan :D
Esplanade Building yang biasa digunakan untuk konser musik
at Marlion as the symbol of Singapore
Clarke Quay
merupakan tempat yang saya suka di Singapura karena sangat nyaman berada di tepian sungai ini. Di Clarke Quay, kita dapat menikmati sungai yang sangat bersih. Singapura telah berhasil mengembalikan fungsi sungai yang dahulu merupakan daerah yang kotor dan kumuh. Keunikan lain yang terdapat di Qlarke Quay adalah wisata air yang dikemas dalam bentuk transportasi air. :D
Clarke Quay 
China Town
China Town merupakan kawasan yang sengaja dipertahankan oleh pemerintah Singapura untuk mempertahankan budaya yang dimilikinya. Di sini bentuk bangunannya sangat kental dengan arsitektur cina ditambah dengan ornamen-ornamen di sekitar kawasan. Penggunaan warna merah sebagai kekhasan dari budaya cina pun digunakan dalam menampilkan sense agar lebih kuat keberadaan kawasan ini. Di tempat ini pun kita dapat berbelanja dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan cukup banyak barang-barang yang dijual dengan konsep 3 for 10 (tiga barang dengan harga 10 dollar Singapura). i love this place too :D
Bangunan khas budaya China yang terdapat dekat dengan kawasan China Town

Tempat berbelanja yang terdapat di China Town
URA (Urban Redevelopment Authority)
Di URA tepatnya di ruang gallerynya, terdapat maket negara Singapura yang dibuat secara detail sesuai implementasi di lapangan. Pada maket ini diberikan informasi secara detail mengenai suatu kawasan misalnya dimanakah letak kawasan konservasi yang ada di Singapura. 

Sebenarnya tidak hanya maket yang terdapat di Gallery URA, ada banyak bentuk informasi yang menjelaskan tentang penggunaan lahan di Singapura yang dalam bentuk poster-poster besar yang menjelaskan perubahan guna lahan Singapura dari tahun ke tahun hingga proses pembangunan yang melibatkan partisipasi masyarakat. Nah, di Indonesia juga ada loh tempat seperti ini, yaitu di City Planning Gallery Jakarta, cuma untuk maketnya hanya untuk Jakarta belum ada maket se-Indonesia. hehe
Maket Besar Negara Singapura di URA
Kampong Glam
Identitas yang ada pada Kampong Glam adalah masjid sultan dengan bangunannya yang sangat megah yang kaya nilai-nilai historis. Masjid ini memiliki skala yang besar bila dibandingkan dengan bangunan sekitarnya yang hanya berupa bangunan toko dan rumah yang dipertahankan arsitektur aslinya. 

Masjid Sultan di Kampong Glam

Yap, segitu saja yaa cerita tentang perjalanan Singapura. Tunggu kisah perjalanan luar negeri lainnya hehe 

No comments: