Saturday, December 27, 2014

Writing is My Passion

Beberapa hari lalu, saya membuka lemari belajar saya, dan saya menemukan 3 buku diary saya yang lama tak saya sentuh. Saya pun tergoda untuk membacanya kembali. Alhasil saya pun memulai membacanya kembali. Dan dari sana, saya bisa tau kenapa sekarang saya sangat suka menulis. Jika saya melihat kapan waktunya, saat itu saya mulai menulis di tahun 2002 dan masih duduk dibangku SD. Mungkin kesukaan saya menulis saat ini dimulai dengan hobby saya yang senang mengungkapkan perasaan ke dalam buku diary. Saya terbiasa menuliskan semua kisah sehari-hari saya, entah itu cerita menyenangkan, menyebalkan, ataupun cerita yang menyakiti perasaan saya. Biasanya hal yang saya ceritakan di buku diary adalah peristiwa yang tidak mampu saya ceritakan dengan mama. Saya banyak sekali menulis tentang teman-teman, cowo yang saya suka, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga sampai impian saya. Sebenarnya saya sudah tau kalau dari kecil saya suka menulis. Namun, saya tidak pernah tau bagaimana memulai cerita dan menuliskannya dengan baik. Saya hanya mampu menuangkan secara mentah apa yang saya rasakan dalam bentuk tulisan. Saya pun tidak pernah merasa apakah tulisan saya merupakan tulisan yang enak dibaca. Sampai pada akhirnya…

Memasuki semester 1 perkuliahan. Saat itu ada tugas Mata Kuliah Informasi Teknologi. Salah satu tugas yang harus dikerjakan adalah membuat blog dan memposting beberapa tulisan. Blog ini nantinya akan menjadi nilai dari salah satu tugas Informasi Teknologi tersebut. Saat itu saya hanya menuliskan cerita ringan yang saya coba ungkapan. Dan salah satu dari tulisan tersebut terdapat komentar dari Dosen saya yang mengatakan bahwa “saya memiliki bakat menulis”. Agak terheran-heran siy kenapa bisa dapat komentar seperti itu, apa iya benar demikian karena sebenarnya apa yang saya tulis di postingan blog saat itu merupakan hal sederhana. Sampai saya membuat tulisan lagi di blog saya, dan kemudian banyak banget respon dari orang-orang yang nyasar ke blog saya dan mereka menuliskan pesan di “shout mix” yang pernah saya pasang kala itu. Sebagian besar dari mereka berkomentar sangat positif dan memotivasi saya untuk mulai rajin nulis blog.

Hingga sampailah sekarang ini, saya cukup “merawat” blog saya meskipun kadang terbengkalai dengan rutinitas saya. Saya pun sekarang merasa harus sering menulis. Entah apapun yang ingin saya tuliskan. Yang jelas saya harus menumpahkan segala hal yang berkeliaran dalam imaji dan perasaan saya. Makanya kenapa saya memberi sebutan blog saya “celotehan hati di bumi manusia”. Hal ini didasari karena hobby saya yang suka banget ngedumel jika ada hal yang tidak sesuai dengan panca indra saya. Blog inilah yang mampu menjadi “ruang” bagi saya bercerita. Yap, saya butuh ruang untuk menuangkan segala pikiran saya. Entah tulisan itu akan bermanfaat atau tidak bagi orang lain, yang jelas saya harus menuliskannya.


Jika waktu kecil dulu saya tidak yakin kalau bakat saya menulis, maka sekarang saya merasa menulis adalah sedikit kemampuan yang harus terus saya asah & latih. Siapa yang tau, jika nanti tulisan yang saya tulis bisa sedikit memberi motivasi, inspirasi bagi orang lain dan mendatangkan uang. ahaha. Mungkin dengan tulisan ringan saya di blog ini, akan membawa saya untuk menjadi penulis buku “best-seller” ahahahaa.  

No comments: